Selasa, 04 Maret 2014

Keutamaan Shalat Hajat

Raihlah Kesuksesan Dengan Berusaha dan Shalat Hajat


Shalat Hajat adalah shalat sunnat yang dikerjakan  karena adanya suatu hajat atau keperluan yang sangat penting, agar apa yang dibutuhkan itu segera dikabulkan oleh ALLAH SWT. Sedangkan hukum mengerjakannya adalah sunnat Mu’akkad, yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi orang yang membutuhkannya. Sebagaimana yang telah diterangkan didalam firman Allah SWT yang artinya : “Wahai orang-orang yang beriman mohonlah pertolongan (kepada ALLAH) dengan sabar dan sholat, karena sesungguhnya Allah bersama-sama dengan orang  yang sabar (QS. Al Baqarah : 153)

Dan juga firman – Nya dalam surat Yusuf ayat 87 yang artinya : “Dan janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang-orang kafir”

 Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Imam Turmudzi dan  Ibnu Majah dari Abdullah bin Abi Auf r.a juga diterangkan, bahwa Rasull SAW telah bersabda yang artinya : “Barang siapa yang mempunyai hajat (kebutuhan) kepada Allah  atau kepada salah seorang dari anak Adam, hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat, kemudian hendaklah ia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW, dan kemudian hendaklah berdoa.

  • Keutamaan Shalat Hajat

Sebagaimana shalat sunnat lainnya, shalat sunnat hajat juga mempunyai keutamaan yang sangat besar sekali, yaitu bagi orang yan g selalu mengawali perbuatan nya yang baik dengan mengerjakan shalat sunnat hajat terlebih dahulu maka ia akan  mendapat balasan yang sangat besar sekali, yaitu syurganya Allah SWT

Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam Hadist Nabi SAW, yang artinya : “…Bahwa Nabi SAW pernah berk ata kepada  Bilal, sesudah mengerjak an shalat Shubuh sebagaimana berikut : “Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku  amalan yang  engkau kerjakan dalam Islam yang penuh dengan pengharapan karena aku mendengar suara sandalmu di depanku di syurga”. Bilal menjawab tidak pernah aku melakukan suatu perbuatan yang saya harapkan kebaikannya, melainkan pasti aku bersuci dahulu, baik saatnya malam hari atau siang hari. Sesudah aku bersuci aku melakuk an shalat sebanyak  yang dapat kulakukan”. (HR. Imam Bukhari d an Muslim)

  • Manfaat Shalat Hajat

 Adapun manfaat shalat hajat itu tiada lain hanyalah untuk memohon kepada Allah agar apa yang kita butuhkan atau apa yang kita hajatkan itu segera dik abulkan oleh-Nya atau menyingkirkan segala kesulitan yang kita hadapi. Sebagaimana yang telah dijalaskan dalam hadist riwayat Imam Turmudzi dan Ibnu Majah di atas dan hadist dibawah ini yang artinya : “Bahwa seorang buta datang kepada Rasul SAW lalu berkata : “ Wahai Rasul, mohonlah kepada Allah supaya mataku ini bisa melihat”. Sabdanya: “Atau aku biarkan engkau”. Orang itu berkata : Wahai Rasul, sesungguhnya aku menjadi susah karena kehilangan penglihatanku.”. Sabdanya : “Kalau begitu pergilah dan berwudhulah, kemudian shalatlah dua rakaat, lalu berdoalah : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas nama Nabiku Muhammad SAW, seorang Nabi yang menjadi rahmat.(katanya) : “Wahai Muhammad, sesungguhnya aku telah menghadapkan wajahku kepada Allah  atas namamu agar Dia mengembalikan penglihatanku”. (Nabi berdoa):”Wahi Tuhanku,berilah dia pertolongan atas namaku jadikanlah aku penolong bagi diriku sendiri”.Orang itu kemudian pulang dan Allah menjadikan penglihatannya pulih”. (HR.Imam Turmudzi, Nasa’I,Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan Imam Hakim, yang bersumber dari Utsman bin Hunaif r.a, tetapi dalam riwayat Imam Turmudzi tidak disebut kata-kata “Kemudian Shalatlah dua rakaat”).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

obattradisionalbenjolandileher99.wordpress.com obattradisionalwasirs88.wordpress.com obattradisionalkista88.wordpress.com